Wellcome, Thank's Visit My Blog

Sekilas Mengenai PABX, FXS, FXO, VOIP

Jumat, 12 Juli 20131komentar

Dear All, kali ini saya akan menceritakan tentang PABX,

PABX atau Private Automatic Branch eXchange adalah perangkat penyambungan komunikasi telepon yang terletak di sisi pelanggan.


Parameter
Jumlah Line TelKom dan Jumlah Ektension
PABX bisa kita sebut sebagai pengatur internal (ext to ext) dengan external (outgoing dan incoming), dengan kata lain perangkat ini yg akan mengatur panggilan masuk dan panggilan keluar, sehingga panggilan lebh mudah dalam menghubungi panggilan yg akan dituju.

Tipe dan Jenis

PABX DIGITAL
Adalah PABX yang mempunyai output atau extention berupa data digital. untuk PABX jenis ini data digital perlu dikonversikan dengan pesawat telepon khusus untuk dapat menjadi suara. tiap-tiap merk mempunyai konversi digital yang berbeda dengan nama dan istilah berbeda juga. contoh Merk Panasonic menyebutnya key telephone, Digital phone. NEC menyebutnya multi line terminal.
PABX ANALOG
Adalah PABX yang mempunyai output analog atau extentionnya berupa sinyal analog, karena menggunakan sinyal analog maka tidak perlu pesawat telepon khusus. Pesawat telepon ini sama seperti yang digunakan dirumah yang dihubungkan PSTN dalam istilah disebut Singgle Line Telephone (SLT).
PABX Hybrid
Adalah PABX gabungan antara dua sistem diatas. Oleh karena itu sistem ini mempunyai 4 cable(2pair-1 pair analog 1 pair digital) pada setiap outputnya.

Setelah PABX kita juga tentunya akan mengenal IP PBX
Apa itu IP PBX adalah PABX yang hanya mengunakan protocol Ip untuk interconneksi ke pesawat pesawatnya, pada umumnya PABX IP mengunakan RJ45 untuk koneksinya.

Interkoneksi PABX

Pengertian interkoneksi PABX adalah, gabungan 2 atau lebih PABX menjadi satu system kesatuan.
Fungsinya untuk penghematan biaya, contohnya jika sebuah perusahaan memiliki kantor pusat dan cabang, yang mungkin cabang - cabang tersebut berada jauh di luar kota bahkan luar negeri sekalipun.
Dengan di satukannya system PABX, maka untuk menghubungi cabang melalui telpon tidak memerlukan biaya pulsa, cukup komunikasi internal saja.

Interkoneksi antara 2 PABX atau Lebih ada bebarapa Cara :
1. Interconneksi melalui jaringan Network yang di sebut dengan koneksi IP
2. Interconneksi melalui system Tandem.

Di Dalam PBX itu sendiri mengandung port FXS dan FXO

Apa itu FXS dan FXO
FXS (Foreign eXchange Subscriber) interface port untuk mengirim layanan POTS dari perusahaan lokal pusat (Central Office [CO]) dan harus disambungkan ke peralatan langganan (Subscriber)seperti telepon,modem,dan mesin Fax. anda dapat melihat dibawah ini, penjelasan pada gambar FXSseperti Foreign eXchange System.

FXO (Foreign eXchange Office) interface port untuk menerima layanan POTS, pada umumnya dari Central Office (CO) dari Public Switched Telephone Network (PSTN). Dengan kata lain satu poin interface FXO kepada kantor Telco(Provider PSTN).



Bagaimana FXS dan FXO saling berkesinambungan dengan PBX / VOIP
Skenario FXS dan FXO sedikit menjadi lebih menarik ketika kita memperkenalkan elemen jaringan tambahan seperti Private Branch Exchange (PBX) atau Voice-over-IP gateway ataupun router. Sebagai contoh, anda dapat menghubungkan interface FXO pada suatu telepon ke port FXSyang disediakan oleh suatu PBX, multiplexer, atau Voice-over-IP gateway ataupun router.

Koneksi Dengan PBX
Suatu PBX menyediakan interface FXS dan FXO.

FXS = PBX –> Telepon Analog
Kabel Dari Telepon Analog –> Port FXS PBX
FXO = PBX –> TelCo (Central Office)
Kabel Line FXS dari TelCo (Central Office)  –>  Port FXO PBX
Untuk gambar jelas nya bisa dilihat dari Pic di atas.

VOIP
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui mediainternet, Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).



Menurut Wikipedia
Keuntungan VoIP
  • Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
  • Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
  • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
  • Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
  • Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset
Kelemahan dari VoIP
  • Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
  • Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
  • Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
  • Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
  • Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
  • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
  • Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
  • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
  • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran
Lalu untuk Hubungan PBX sama VOIP ???

Bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.


Semoga Bermanfaat,

Regards,
Iqbal

sumber :

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Saya pake produk IP PBX dari Shoretel. Kalo pake cisco kemahalan. Kalo mau tau tentang shoretel bisa hubungi saya di 085771360345

Poskan Komentar